Saturday, February 16, 2013

Berbagi ilmu di Coffee Class

Dalam beberapa quarter, di tempat saya bekerja ada kegiatan untuk sharing ilmu tentang kopi yang biasa kami sebut Coffee Master Gathering. Kegiatan ini secara internal dilakukan untuk membangun passion para barista dan menjadi ajang untuk saling sharing pengetahuan tentang kopi. Menyenangkan rasanya bisa berbagi ilmu dengan mereka, karena ini juga menjadi kesempatan saya untuk merefresh kembali apa yang sudah saya tahu tentang kopi dan mengenal orang baru (saya punya prinsip, makin sering ilmu dibagi, pengetahuan kita makin bertambah! *maklum daya ingat saya agak lemah, kalo disimpen sendiri yang ada nanti malah lupa! XP hehehe*).


Coffee Class @ Kemang Square. (hey! Rica JKT48 is a Coffee Master :D) 


Walau diadakan secara kecil-kecilan dengan banyak keterbatasan, saya mencoba mengemasnya dalam cara yang fun. Mulai dari mencicipi kopi dan food pairing baru, bermain games, sampai mencoba alat brewing baru. Walaupun pesertanya berasal dari berbagai store yang berbeda, kami masih sempat untuk meluangkan waktu 2-3 jam untuk berkumpul dan berbagi ilmu disini. 
Terlihat dari animo barista, menjadi coffee master adalah sebuah impian. Dapat black apron, tersertifikasi, dapat banyak kesempatan mengenal dunia kopi lebih dalam, dan pride yang mereka dapatkan. Dan saya makin bersemangat untuk berbagi dengan mereka. Dari yang awalnya hanya tahu kopi itu pahit, kini mereka bisa lebih membangun sense yang dimiliki bahwa kopi itu seperti aroma therapy. Ada yang wangi floral, fruity, earthy, dan sebagainya. 

Semoga saja acara seperti ini bisa rutin terus berlanjut.

No comments:

Post a Comment