Saturday, September 11, 2010

Irish Cream Cappuccino @ Pizza e Birra

Image and video hosting by TinyPic

Mungkin terdengar aneh untuk seseorang yang baru pertama kali datang ke Pizza e Birra bukan untuk mencicipi pizza apalagi birnya. Yup, entah kenapa saya lebih kedistract dengan deretan menu kopi yang ada disana, salah satunya Irish Cream Cappuccino. Sebelum memesan, saya bertanya dulu kepada salah satu waiter disana apakah Irish Cream disini pure menggunakan liquor atau tidak (biasanya Irish cream adalah perpaduan dari irish Whiskey dan cream). Dan ternyata Irish Creamnya sudah disajikan dalam format syrup berflavour Irish Cream. Ow, owkay...it's fine to try...

Dan akhirnya, datanglah si Irish Cream dengan penampilan sebagai berikut:

Image and video hosting by TinyPic

Irish Cream Cappuccino di Pizza e Birra menggunakan illy coffee sebagai espressonya. Brand ini menggunakan biji kopi arabika premium asal Brazil, negara yang disebut-sebut sebagai salah satu pengekspor biji kopi arabika nomor satu di dunia. Kopi region Latin Amerika (menurut apa yang saya tahu) umumnya cenderung medium bodied, dan cocok dipadukan dengan segala yang mengandung cokelat. Dan aha!...saya melihat ada saus mocha di kopi ini. Baiklah, sepertinya akan menjadi perpaduan yang menyenangkan. mari kita cicipi :)

Karena namanya juga Cappuccino, saat pertama kali diseruput yang paling berasa adalah foamnya. Tekstur foamnya lembut dan creamy tapi masih ada sedikit bubble. dilengkapi dengan taburan cocoa powder dan saus mocha. Dari aromanya, saya merasakan aroma yang manis, lebih manis dari vanila dan karamel. Ya...ini dia irish Creamnya. Untuk kopinya sendiri tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, medium bodied, dan less bitter.

after taste: sangat manis. illy coffee sebenarnya memiliki rasa yang cukup enak dan menyenangkan, sayangnya sirup Irish Cream terlalu mendominasi dalam kopi ini. Ditambah ternyata di dalamnya ada saus mocha, membuat Cappuccino ini menjadi terlalu manis dan si kopi yang basicnya memang tidak strong dan medium bodied menjadi tidak terlalu dominan. Sayang sekali. Padahal, mungkin kalau sirup Irishnya dikurangi sedikit, jatuhnya bisa lebih pas.

food pairing
: original french fries chili con carne. Saya cukup beruntung memilih makanan asin sebagai pasangan kopi ini, karena lebih menyeimbangi lidah saya. Masih banyak varian makanan asin di Pizza e Birra seperti pasta-pastanya atau malah pesan pizzanya aja sekalian :D. Tidak disarankan memesan makanan yang juga manis karena jatuhnya malah makin mahteh, kecuali kamu memang sedang sugar high.

another option: Mudslide. Kalo gak suka kopi dengan foam, silakan coba Mudslide. Illy coffee dengan sirup irish cream dan milk. Mungkin kurang lebihnya bisa disebut Irish Cream Latte.

recommended for: penggemar kopi manis, fancy coffee, creamy coffee
not recommended for: penggemar black coffee, full bodied coffee

rating: 3/5 bintang

No comments:

Post a Comment