Friday, September 3, 2010

Grandpa Luigi's Iced Coffee @ Kitchenette

Setelah sekian lama tidak melakukan caffeine journey, akhirnya saya berkesempatan untuk memulai kembali petualangan saya ini. Ditemani Jenn, kami meluncur ke salah satu tempat yang tengah happening di Jakarta: Kitchenette. Sesuai namanya, resto dengan dekorasi ala interior dapur ini menyajikan masakan ala Perancis dengan nama-nama menu yang unik, yaitu mengambil nama Laki-laki dan Perempuan khas Perancis.

Kopi bukan menu unggulan di resto ini, variannya tidak begitu banyak dan lebih didominasi oleh kopi-kopi standard seperti latte, mocha, atau cappuccino. Ketika saya bertanya pada salah satu pramusajinya, mereka merekomendasikan 2 menu Iced Coffee: Madame Colette's Frozen Affogato dan Grandpa's Luigi Iced Coffee. Dan ketika saya bertanya mana yang lebih favorit, diantara keduanya, sang pramusaji merekomendasikan saya Grandpa's Luigi. Baiklah, saya pilih Grandpa's Luigi.

Appearance
: Disajikan di gelas kaca untuk ice, dengan topping ice cream vanilla di atasnya. Biar lebih menarik, ditambahkan 1 batang kayu manis. Nampaknya kopi ini dibuat dengan cara dishaken, karena terdapat foam yang cukup tebal diatasnya.


Acidity, Flavor:
Sama seperti kebanyakan Iced Coffee, kopi yang digunakan unuk Granda's Luigi ini mengandung acidity yang terbilang medium cenderung high. Saya kurang tahu persis kopi dari region mana yang digunakan, tapi kalau boleh nebak, antara region Africa atau America Latin. Rasanya juga cukup menyegarkan, ada sensasi manis dan lemony.
After taste
: Watery. Sangat disayangkan, komposisi es batu di kopi ini lebih mendominasi dibanding kopinya sendiri. 3/4 gelas! alhasil, ketika 'ditinggal' beberapa menit, saat saya minum kembali lebih berasa air dengan rasa kopi yang samar. pada akhirnya saya hanya bisa menikmati es krim vanilla yang menjadi topping di atasnya.

food pairing: Marie Lou, crepes dengan potongan pisang yang dipanggang, dengan topping es krim vanilla, saus cokelat, taburan powder kayu manis. Manisnya pas, dan porsinya termasuk besar. crepes yang disajikan bukanlah tipe crepes garing. Teksturnya lunak dan sangat enak dinikmati selagi panas. Namun daripada dipairing dengan kopi, saya lebih merekomendasikan makanan ini disandingkan dengan mango-orange elixir (non coffee beverage), karena terasa lebih menyegarkan. tapi balik lagi semua tergantung selera.



No comments:

Post a Comment